Jalan terjal Yamaha dalam menghadapai strategi Amati Tiru Modifikasi Honda..!!!

Yamaha New Vixion my 2017

Sobat gearbalap…, di artikel sebelumnya gearbalap telah membahas tentang alasan  dan tujuan kenapa Honda memilih strategi amati, tiru dan modifikasi sebagai upaya mengalahkan para pesaingnya.. Kali ini kita akan melihat apa yang dilakukan oleh para pesaing Honda terutama Yamaha dan Suzuki dalam menghadapi strategi Honda tersebut !

Ok pada dasarnya menguasai market share hingga mencapai 78% adalah sebuah posisi yang sangat baik sekali.. Dan memiliki market share kurang dari 20% suka tidak suka adalah masalah yang sangat buruk sekali !
Namun respon berbeda ditunjukkan oleh Yamaha dan suzuki.. Yamaha merespon sergapan honda dengan selalu berinovasi dan mengeluarkan design baru yang sangat berbeda dari yang sudah ada dan belum ada di market..!! Lihat saja Nmax, Aerox, X-Ride, Jupiter MX, serta Vixion adalah deretan produk Yamaha yang di awal kemunculannya mampu mendobrak pakem design yang sudah ada sekaligus menancapkan image pionir bagi Yamaha.

Posisi minoritas memang membuat Yamaha dituntut selalu mencari ide-ide baru terkait design supaya tetap berbeda dengan sang penguasa market share.. Sebab sekalinya bisa terkejar akan sangat sulit bersaing ! kenapaa.. Karena bila di cermati produk Yamaha yang sangat sukses adalah produk yang secara kasat mata berbeda dengan produk Honda.. Misalnya saja Vixion vs Megapro, Mio ketika Beat belum keluar, Nmax dan Xride karena belum ada lawan yang setipe, dan New Vixion lightning vs old cb 150R !
Sejarah juga mencatat bahwa cerita mulai berbeda ketika honda turun dengan design yang mirip design kompetitor.. Misalnya saat Mio vs Beat, R15 vs CBR 150R, dan yang terbaru New Vixion Advance vs New CB 150R.. Terlihat khan siapa pemenangnya.. Jadi haram hukumnya motor Yamaha memiliki kemiripan dengan motor Honda karena sejarah akan terus berulang !

Untuk melawan honda secara head to head Yamaha perlu mengatrol nilai brand dengan sangat signifikan dan hal itu perlu waktu panjang dengan ketekunan dan konsistensi yang tinggi.. Ingat sob honda tidak mendapatkan market share 78% secara instan.. Mereka merintisnya sudah sejak lama dan saat ini mereka sedang memetik buah hasil usaha keras mereka selama bertahun-tahun !
menurut gearbalap Yamaha sudah berada di jalur yang tepat dalam bersaing dengan Honda namun masih ada sektor yang harus di optimalkan yaitu performa.. Yup benar sob performa.. !!! Coz DNA Yamaha sejatinya adalah motor dengan performa tinggi.. Sektor performa inilah yang terasa rancu karena cuma beda tipis saja dengan honda yang memiliki semboyan irit he he he..

So jelas Yamaha harus tetap kreatif dalam mendesign motor mereka sekaligus membuat performa motor mereka jauh di atas Honda.. Karena itulah satu-satunya jalan Yamaha untuk bertahan dan melepaskan diri dari dominasi Honda..

Ok next time kita kupas bagaimana strategi Suzuki dalam bertahan ketika satria di ganggu Honda lewat sonic..

About gearbalap 426 Articles
Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi. Tidak ada moderasi, tapi komentarmu perlu waktu 5 menit baru muncul. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*