Honda CB 150R Menggeser Vixion.. Market Share Honda tembus 80%…!! Honda king of Market share..

Sobat gearbalap.. Apa kabaarr.. semoga sehat.. banyak anak dan  banyak rezeki yaaa….

Sob berdasarkan data Aisi bulan Oktober 2016 Honda kembali menunjukkan sebagai raja market share.. Yup Honda sukses meraih 80% market share dan 20% sisanya terbagi ke pabrikan Yamaha, Kawasaki Suzuki dan TVS..
Per Oktober ini pula Honda CB 150R sukses mengovertake Yamaha Vixion baik di distribusi bulanan maupun nasional..! Bulan Oktober ini Honda CB 150R terdistribusi sebanyak 17.898 unit..sedangkan Vixion hanya 12.516 unit.

Dan distribusi periode Januari – Oktober CB 150R sebanyak 131.439 dan Vixion 128.929 unggul sekitar 2510 unit sob..!

Dengan tergesernya Vixion.. praktis Honda menjadi raja di semua segmen dari bebek, matic hingga sport..

Hmm…. Melihat trend market share Honda yang semakin dominan sebenarnya sih wajar banget sob.. Maksudnya gini khan Honda punya pabrik sebanyak 5 buah sedangkan Yamaha cuma 3 buah sazaa… otomatis outputnya berbeda sob..
Artinya market share 80% tercapai karena Honda bisa menjual motor ke konsumen sejumlah 80% tersebut atau hanya memproduksi motor sejumlah 80% tersebut…
Jadi ada 2 kemungkinan sob.. trus mana yang bener nich..?? Yaa jika pengen tahu dengan tepat berapa yang terjual ke konsumen yaa harus ngitung via kantor samsat sob he hehe..!!
Ingat istilah market share hanya mengacu ke data distribusi dari pabrikan ke dealer-dealer.. bukan penjualan dari pabrikan ke konsumen..

 

Lalu jika begitu market share penting ngga sich..? PENTING sob..!!
Data market share dapat di pilah-pilah ke skup yang lebih kecil.. misalnya tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan etc.. dan dari situ pabrikan dapat mengetahui lebih detil selera dan motor apa sazza yang di sukai di wilayah tersebut.. Karena distribusi jenis dan tipe motor di tentukan oleh permintaan dealer2 lokal..!!
Selain itu posisi penguasa market share secara psikologis dapat mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam memilih motor..! Sangat erat kaitannya dengan rasa aman dan kepercayaan karena melihat banyak orang yang memakainya.
Meskipun terasa mainstream dan ngga eksklusive pisan sob..

Nah yang menarik adalah.. berapakah motor Yamaha yang terjual meskipun market share nya makin menciut.. Jika sama saja, maka bisa di bilang secara profit tidak berpengaruh buruk ke Yamaha… karena mereka masih dapat menjual dengan kuantitas tetap so untungnya yaa nggak berkurang sob..

Tetapi jika Yamaha, Kawasaki, Suzuki dan TVS tidak memperbaiki market share nya maka dalam jangka panjang akan berdampak negatif terhadap brand image dan akan menjadi terbatas pasarnya..

Last market share tidak berpengaruh nyata ke kita-kita.. jadi pilihlah motor dengan hati dan sesuai kebutuhan azza sob…

Ok see you again & always safety riding…

About gearbalap 426 Articles
Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi. Tidak ada moderasi, tapi komentarmu perlu waktu 5 menit baru muncul. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*