Data Aisi : Meski Market Share Mengecil.. Tapi Jumlah Distribusi Motor Yamaha Stabil Lhoo…

Sobat gearbalap apa khabarr… semoga sehat, panjang umur dan happy forever yaa..

Ok Sob sepanjang tahun 2016 ini jika sobat membaca artikel tentang data Aisi sepeda motor, pastilah isinya tentang market share Honda yang semakin tinggi dan market share pabrikan lain yang makin kecil.. dan biasanya artikel tersebut di ahiri dengan pertanyaan.. ” apa yang salah dengan produk kompetitor..? Ha haha… ” betul ngga sob..!!
Yup faktanya memang gitu sob.. grafik di atas menunjukkan bahwa trend market share Honda memang semakin tinggi dari 69.1 di januari naik menjadi 78.9 di bulan November ini.. Kondisi sebaliknya di alami Yamaha yang harus rela market sharenya menyusut dari 26.9 menjadi 18.8 di periode yang sama..
Hmm.. Bagi gearbalap ini adalah hal yang wajar karena sejatinya market share adalah jumlah barang yang terdistribusi dari produsen ke penjual (dealer motor)..! Hal ini erat kaitannya dengan kapasitas produksi tiap pabrikan.. dan Honda dengan kemampuan produksi paling besar sudah sewajarnya untuk menjadi market share leader..

Artinya Honda mampu memaksimalkan kapasitas produksinya terindikasi dari angka distribusi motor yang semakin banyak terutama bulan September – November.. good job Honda..!!

Lalu bagaimana dengan Yamaha..? Jika sobat cermati grafik di atas terlihat selain angka market share… Jumlah barang terdistribusi juga ikut terkoreksi.. Namun masih stabil di kisaran 100rb keatas.. Lihat dech garis trendlinenya hanya turun sedikit khann.. Good job Yamaha..!!

Eh kok malah di beri selamat sich..?? Iyaa doongg… Dari data yang ada gearbalap melihat bahwa Yamaha berhasil survive dan tidak terlalu bleeding di 2016 ini..!! Yup Yamaha berhasil mempertahankan jumlah produksinya diatas 100rb selama 1 tahun penuh.. dan Yamaha.melakukannya di tengah gempuran produk-produk baru Honda yang sangat masive..  Impressive..!!

Well jika melihat aktivitas Yamaha tahun ini yang hanya mengandalkan minor change dan facelift beberapa produknya.. gearbalap rasa jumlah distribusi bisa bertahan seperti di awal tahun adalah hasil yang cukup bagus.

Mungkin pemahaman kita perlu di reset ulang.. bahwa market share bukanlah vonis mutlak… tapi adalah sebuah instrumen untuk mengukur tingkat penerimaan suatu produk di masyarakat berdasarkan jumlah dan jenis produk terdistribusi…!!

So market share Honda semakin tinggi…? biasaaa azaa sob.. ngga ada yang aneh dengan hal itu he hehe.. yang aneh justru kalo market share Yamaha bisa lebih dari 30% tanpa membuat pabrik baru ha haha..
Ok semoga ngga bingung & keep safety riding yaaa…!!
About gearbalap 426 Articles
Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi. Tidak ada moderasi, tapi komentarmu perlu waktu 5 menit baru muncul. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*