KPPU Menang.. Honda dan Yamaha di Tetapkan Bersalah Atas Tuduhan Kartel.. Denda 47.5 Miliar..!!

Sobat gearbalap apa khabarr… semoga sehat dan sering2 baca artikel di blog ini yaa…

Sob ada update terbaru tentang tuduhan kartel harga motor skutik 110 &125cc oleh KPPU terhadap Honda dan Yamaha.. Yup Honda dan Yamaha ditetapkan bersalah dan dikenai denda sebesar 47.5 miliar..
Honda di denda 22.5 miliar dan Yamaha 25 miliar…!! Yamaha di denda lebih besar karena dinilai telah memanipulasi data di persidangan sedangkan Honda dendanya di kurangi 10% karena dinilai lebih kooperatif…
Hmm.. Artinya selama ini harga skutik 110 & 125cc ini di setting barengan oleh honda dan Yamaha.. atau dalam arti lain mereka berdua sepakat menyamakan berapa laba per unitnya.. Dalam arti lain tidak ada persaingan sehat terjadi.. yang berujung konsumen harus membayar lebih mahal untuk produk yang seharusnya bisa lebih murah…!! Yaah setidaknya itulah yang di lihat oleh KPPU…
Naah lalu berapa seeh harga ideal skutik 110 & 125 cc di Indonesia…? Masih menurut KPPU lho yaa.. harganya sekitar 8jtan sazza sob.. artinya profit per unit bisa 100% dari modal awal dengan harga jual termurah saat ini sebesar 15jt an.. Gilee benerr..
Tapi apa benar begitu…?? Hmm.. Embuhh sob.. tapi jika berkaca ke Aerox155 yang bisa menempel harga Vario 150 padahal fiturnya beda jauh.. atau motor Suzuki yang harganya sedikit lebih murah di banding Honda dan Yamaha.. padahal kapasitas produksi Honda dan Yamaha yang jauuuh lebih besar..!!
Inget yaa.. jika suatu produk semakin banyak di produksi maka harganya bisa di tekan lebih murah lagee.. Jadi agak kontradiktif dan aneh ketika motor Suzuki bisa lebih murah padahal produksinya cuma ratusan unit per bulan..!! He hehe.. Pasti ada yang bilang kalo Honda dan Yamaha fiturnya lebih komplit..  Iyaa khan..?
Sabar sob.. di sinilah mungkin KPPU melihat ada ketidakberesan/ kejanggalan.. karena volume produksi yang jauuhh lebih besar maka hukum mass production pun otomatis berlaku sehingga dengan fitur lebih komplit harga jual skutik Honda dan Yamaha setidaknya sama atau malah lebih murah dari harga skutik Suzuki..! Setidaknya itulah yang di tangkap oleh KPPU he hehe..
So jika KPPU benaarr dan situasinya seperti yang gearbalap urai di atas.. walaah sulit mbayangin kontribusi si embit terhadap AHM.. sumber Laba iyaa.. Penyumbang Market Share iyaa..!!
Last menarik untuk di lihat apakah Honda dan Yamaha akan banding terhadap keputusan pengadilan tersebut.. Dan apakah keputusan ini bisa menurunkan harga motor Honda dan Yamaha nantinya.. Layak di tunggu sobb.. ngarep banget soale ha haha..!!
See you again & always safety riding sobb…
About gearbalap 426 Articles
Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi. Tidak ada moderasi, tapi komentarmu perlu waktu 5 menit baru muncul. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*