Evolusi Design Motor Indonesia.. First Chapter…!!!

Sobat gearbalap apa khabarr… Sob artikel ini sebenarnya adalah artikel lama sebelum gearbalap lahir.. Tapi masih sangat relevan untuk di baca dan di nikmati dengan sedikit penyesuaian tentunya.. Ok silahkan di baca..
Mas broo.. mba’ siss yuk kita sedikit flashback melihat evolusi bentuk sepeda motor periode 90an sampai sekarang. Dahulu motor itu identik dengan merk Honda terutama species Grand untuk bebek dan GL untuk sportnya. Kedua varian ini mempunyai design yang tahan lama… sampai puluhan tahun sob…!


Nah perubahan design mulai muncul ketika ada persaingan antara pabrikan Honda, Yamaha dan Suzuki. Yamaha dan Suzuki sebagai kuda hitam mencoba strategi diferensiasi… Ada dua hal utama diferensiasi yang dilakukan mereka yaitu di sektor mesin dan design..

 Yamaha dan Suzuki berusaha memberi aura racing ke fell berkendara dan design motor mereka. Terlihat ketika bebek Honda masih berbentuk kotak Yamaha dan suzuki memilih design yang meruncing.., ketika sport Honda masih membulat Yamaha mendobrak dengan design ala vixion yang tajam dan sporty..! Ergonomi pun berbeda Honda yang terkenal dengan posisi rileks saat berkendara di lawan dengan posisi ala racing yang sedikit menunduk. Yup… saat itu Honda memang menjadikan fungsi dan kenyamanan berkendara sebagai prioritas utama.

Dan hebatnya market aka masyarakat terbawa dengan konsep sporty yang di usung sang kuda hitam di tandai dengan perubahan style design dan posisi riding yang lebih sporty di produk – produk terbaru mereka.


Lihat saja motor motor keluaran terbaru seperti R25, R15, Xabre 150 dari Yamaha atau CBR dari Honda dan Ninja milik Kawasaki mereka memiliki garis design meruncing dengan posisi riding layaknya pembalap motoGP super sporty broo.. tidak ada lagi design membulat! Kalaupun masih ada biasanya bergenre classic dan menyasar segmen hobiis yang sangat kecil jumlahnya.
Dan kini trend maxiskutic di kelas medium 150cc yang di mulai dari n-max, aerox dan akan menyusul PCX Lokal dari Honda mulai menggeser fairing sport 150cc..

Dari sisi ini gearbalap bilang good job buat Yamaha dan Suzuki karena meskipun saat itu kecil tapi bisa merubah arah policy design Honda sang penguasa…
Bersambung…
Maturnuwun sudah baca & selalu safety riding yaa..

About gearbalap 257 Articles
Pembenci top speed, penyuka low speed...

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*