Shock Bengkok Lolos Ke Customer… Haloooo QC…!!

Sobat gearbalap holaaa apa khabarr… Semoga sehat dan motormu selalu dalam lindungan allah swt yaa… Sobb jiaann gearbalap horaa abiss pikir dan cuma iso ngelus dada dengan kualitas motor baru saat ini.. Baru ge itungan bulan lha ko motor sudah banyak keluhan. Yang inilah, yang itulah.. Contohnya shock bengkok PCX-Lokal, Wess pokoke prihatin banget dehh coz merugikan orang yang telah MEMBELI motor tersebut..!!

Nahh masalahnya adalah ” kok bisa motor dengan inilah dan itulah tersebut tidak ke deteksi oleh Quality Control (QC). Lha teruss itu QC ngapain aja kerjanya.. Tidur..?
Gearbalap rasa QC punya tanggungjawab terbesar karena departemen inilah yang tugasnya mensortir produk offspek agar tidak sampe terkirim ke customer ..

Lha teruss gimana dong dengan insiden shock belakang pcx lokal melengkung di ketahui setelah ada di tangan customer…? Hmm Jelas ada yg keliru di proses produksi motor dari hulu sampai hilir sobb, entah itu sistemnya atau malah orangnya wkwk..

So memang harus ada verifikasi internal sobb.. Bisa jadi QC telah menguji kualitas shock + rangka sesuai parameter dan spek yang sudah di tentukan dan hasilnya mungkin ok..
Jika ini yg terjadi berarti vendor shock, bagian produksi rangka dan personel QC tidak salah karena tidak di temukan offspek dari parameter yang di uji.

Namun nyatanya Shock belakang melengkung banyak ditemukan.. Btw jika semua sudah sesuai standar lalu apa yang salah dong..? Hmm apa karena ada kesalahan design yaa.. atau metode trial part ala jalanan tidak valid sehingga tidak bisa menangkap kelainan/defect di part2 yang di uji tersebut.
Hal itu bisa jadi karena durasi test yang terlalu singkat, medan testing yang tidak representatif atau testernya yang tidak melihat adanya defect( kurang teliti ).

So verifikasi sumber masalah memang pelik dan ngga simpel karena melibatkan lintas departemen, jadi yaa memang butuh waktu sobb..
Tapi itu tidak merubah fakta bahwa ada something wrong di proses produksi pcx lokal dan biarlah AHM yang mencari tau apa yg salah di motor produksi mereka..

Last sering banget gearbalap itu mikir, apa iyaa shock melengkung bukan di anggap masalah oleh tester sehingga ngga di laporkan sebagai defect saat uji jalanan internal.
Who knows he hehe..