Shock Bengkok Lolos Ke Customer… Haloooo QC…!!

Sobat gearbalap holaaa apa khabarr… Semoga sehat dan motormu selalu dalam lindungan allah swt yaa… Sobb jiaann gearbalap horaa abiss pikir dan cuma iso ngelus dada dengan kualitas motor baru saat ini.. Baru ge itungan bulan lha ko motor sudah banyak keluhan. Yang inilah, yang itulah.. Contohnya shock bengkok PCX-Lokal, Wess pokoke prihatin banget dehh coz merugikan orang yang telah MEMBELI motor tersebut..!!

Nahh masalahnya adalah ” kok bisa motor dengan inilah dan itulah tersebut tidak ke deteksi oleh Quality Control (QC). Lha teruss itu QC ngapain aja kerjanya.. Tidur..?
Gearbalap rasa QC punya tanggungjawab terbesar karena departemen inilah yang tugasnya mensortir produk offspek agar tidak sampe terkirim ke customer ..

Lha teruss gimana dong dengan insiden shock belakang pcx lokal melengkung di ketahui setelah ada di tangan customer…? Hmm Jelas ada yg keliru di proses produksi motor dari hulu sampai hilir sobb, entah itu sistemnya atau malah orangnya wkwk..

So memang harus ada verifikasi internal sobb.. Bisa jadi QC telah menguji kualitas shock + rangka sesuai parameter dan spek yang sudah di tentukan dan hasilnya mungkin ok..
Jika ini yg terjadi berarti vendor shock, bagian produksi rangka dan personel QC tidak salah karena tidak di temukan offspek dari parameter yang di uji.

Namun nyatanya Shock belakang melengkung banyak ditemukan.. Btw jika semua sudah sesuai standar lalu apa yang salah dong..? Hmm apa karena ada kesalahan design yaa.. atau metode trial part ala jalanan tidak valid sehingga tidak bisa menangkap kelainan/defect di part2 yang di uji tersebut.
Hal itu bisa jadi karena durasi test yang terlalu singkat, medan testing yang tidak representatif atau testernya yang tidak melihat adanya defect( kurang teliti ).

So verifikasi sumber masalah memang pelik dan ngga simpel karena melibatkan lintas departemen, jadi yaa memang butuh waktu sobb..
Tapi itu tidak merubah fakta bahwa ada something wrong di proses produksi pcx lokal dan biarlah AHM yang mencari tau apa yg salah di motor produksi mereka..

Last sering banget gearbalap itu mikir, apa iyaa shock melengkung bukan di anggap masalah oleh tester sehingga ngga di laporkan sebagai defect saat uji jalanan internal.
Who knows he hehe..

About gearbalap 257 Articles
Pembenci top speed, penyuka low speed...

8 Comments

  1. hmm dengan target produksi ribuan, masa trial yang sebentar, mungkin juga qcnya kurang teliti kang. bayangin aja target produksi 10000 sampai 15000 unit pertahun, sekitar 850 unit perbulan atau 30 unit perhari, perjam 1 unit. dari ribuan parts motor. mungkin ada yang kelewat. yg penting honda berani lakukan recall nggak kang pertanyaanya, kalau memang sudah massive mah..

    • Yup betul, tapi waktu dan volume tetep bukan jadi pembenaran untuk memaklumi atau memaafkan offspek yg terjadi.. Perlu evaluasi dari ahm untuk mencari root causenya sekaligus menentukan solusinya…
      Btw sebenere recall itu bagus, tapi jgn terlalu ngarep dehh wkwk..

  2. Tidak ada produk yg sempurna, dari jutaan konsumen yg puas atas produk yg tanpa masalah, pasti adalah satu dua orang yg cari perhatian. Padahal salah sendiri motor premium dikasih beban overload. Sudahlah, jangan terlalu di besar2kan, nanti kompetitor jadi besar kepala. Lagian yg pada ribut nih kan bukan yg pada beli, paling yg iri karena gak mampu beli, salah kecil langsung disoraki. Pokoknya hentikan menjelek2an produk Honda, stop hoax

    • Soalnya banyak pcx lokal yg shock belakang nya melengkung ketika di naiki mba,Termasuk punya temen kantor saya..
      dan beberapa pcx lokal yg saya temui di jalan.
      I saw with my own eyes so its not hoax..

    • Dasar komentator bayaran…!!!
      Kelakuan mpe segitunya bela AHM..!!!
      Miriss mpe segitunya cari makan..!!!
      Ckckck

  3. Bukan QC mas, lebih pasnya saat tahap develop di bagian RnD… Harusnya sudah terdeteksi masalah ini karena arm tidak center otomatis akan melengkung. Mungkin saatbawal pemasangan tidak terlalu kelihatan… Begitu dipakai beberapa ratus KM baru muncul. Yg jadi pertanyaan besar… Untuk honda, apakah tidak ada trial unit awal sebelum mass pro? Kalau yamaha, setiap ada tipe. Baru pasti road test

  4. Tetap QC pak karena pintu terakhir sebelum di kirim ke customer adalah QC…!!
    Makanya saya agak menyorot kualitas tester dan sistem saat masih developing produk ko bisa ngga ketauan.. Btw even yamaha pun kecolongan di aerox155 first gen yg juga bermasalah di shock belakang yg terlalu lunak..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*