Karet Ban Keras Dan Gundul.. Awas Ngesoott…!!

Sobat gearbalap holaaa apa khabarr… Sobb jiaann gearbalap mung bisa nyengir kuda saat coba memencet roda belakang si putih Jupiter Z1. Hadeuh.. hadeuh.. Pantesan motor sering ngesot- ngesot pas di rem dengan kuat, karena ternyata ban belakang sudah tidak OK lagi. Yup karet ban keras dan gundul sobb…!!

Lebih spesifik lagi meski ban belakang kembangan ban masih dalem tapi jebule karet ban sudah keras/ mati sehingga grip ban ke aspal berkurang. Tak heran jika gearbalap sering ngesot ketika terjadi panic braking.. Impressi berbeda terasa saat hujan sobb coz feel mau jatoh sering gearbalap rasakan. Terutama saat menikung tau tau mak gliyut bikin kaget wkwk , jiann deg deg seerr.. ngeri ngeri sereem..!! Dan apesnya Kondisi tak lebih baik terjadi di ban depan coz kembang ban sudah tipiiss sekali kalo boleh di bilang sudah tak ada lagi kembangannya hiks hiks..

Sebenarnya solusi teraman dan terbaik dalam situasi seperti ini adalah ganti ban baru baik depan dan belakang.. TITIK..!! Namun masalahnya adalah bagi sebagian orang solusi tersebut kadang kala sulit untuk di aplikasikan. Alasannya banyaaak, namun yang paling sering di pakai biasanya karena alasan ekonomi sobb..

Kondisi ban depan.. Kembangan sudah tipiiiisss..

Hmm.. terus harus gimana dong..?

Kalau gearbalap bilang sihh.. alasan ekonomi bukan pembenaran untuk tidak berlaku safety saat di jalan raya. Dan karet ban keras dan gundul memang berpotensi menimbulkan kecelakaan di jalan raya. Namuun kita juga tidak bisa memaksa orang untuk beli ban baru ketika orang tersebut benar- benar tidak memiliki uang tho..!! Emang situ mau bayarin he hehe..

So langkah terbaik adalah lebih waspada dan hati-hati saat berkendara.. Jadi jika sudah tahu ban nya gundul yoo jangan srunthulan ngebut seenaknya dewe apalagi pas hujan he hehe.. Truss ngga usah nyalip-nyalip pas di kemacetan coz rawan kepergok yang ujung ujungnya panic braking. Bahaya sobb.. Ingat anak, istri, pacar atau keluarga di rumah..!!

Nahh sedikit tips untuk menghindari ngebut adalah berangkat ke tujuan lebih pagii, jadi bisa berkendara santai ngga buru-buru yang berakibat grusa grusu.. Setuju yaa..!!

Last saat ini gearbalap memang ngga pernah high speed lagi coz paham kondisi si putih Jupiter Z1 yang ngga memungkinkan untuk itu. Jadi berangkat kerja lebih pagi dan pulang sak tekane aka alon Р alon waton tekan hi hihi..

Btw coba chek ban motor mu sobb, siapa tau karet ban keras dan gundul juga wkwk..