Penyebab Knalpot Keropos.. Point 3 Paling Uhuy..!

Leher knalpot Aerox gearbalap udah keropos

Gearbalap.com- Penyebab knalpot keropos ..? Yup itulah yang bikin gearbalap penasaran ketika mendapati salah satu motor kesayangan gearbalap tiba-tiba knalpotnya ketauan keropos. Meski saat ini sebenarnya udah ngga kaget lagi coz penyebab knalpot keropos sudah bisa diperkirakan.. cuman tetap saja gearbalap ngga abiz pikir dengan kualitas motor jaman sekarang wkwk..

Yup sebenarnya ini adalah artikel lanjutan tentang kondisi knalpot Aerox gearbalap setelah hampir 2 tahun pemakaian. Jadi sejak usia 4 bulan memang sudah terindikasi bahwa knalpot Aerox gearbalap akan keropos dini sobb he hehe.. yahh awalnya sempat shock dan ngga terima namun seiring waktu akhirnya pasrah, enjoy lagi dan yang terpenting EVALUASI..!

Nahh dari evaluasi berdasarkan habbit / kebiasaan gearbalap memperlakukan motor, ada 3 kesimpulan penyebab knalpot keropos ala gearbalap yaitu:

  1. Suhu / Panas

Suhu memegang peranan penting kenapa knalpot mudah keropos karena saat suhu knalpot tinggi dan terkena air maka sifat logam akan berubah menjadi rapuh. Prosesnya mirip ketika kelereng di papar panas berlebih kemudian terkena air, maka kelereng tersebut akan retak -retak dan pecah.

2. Karat / Korosif

Tapi penyebab utama knalpot keropos adalah timbulnya karat pada knalpot. Karat bisa berasal dari banyak faktor misalnya saja kadar garam di air tempat sobat tinggal atau berasal dari kecerobohan sobat dalam merawat knalpot. Dalam artian ketika ada indikasi karat pada knalpot tidak segera ditangani namun malah dibiarkan saja hiks.

3. Kualitas logam knalpot

Hmm kalo yang ini hanya pabrikan yang tau sobb dan akan debatable plus susah menganalisanya coz dibutuhkan alat alat khusus. Kita cuma bisa nyengir sambil ngira ngira kualitas logam berdasarkan awet enggaknya saja. Jadi berdasarkan lama waktu pakai knalpot aja dan hasilnya gearbalap yakin akan bias.

Jupiter Z1 gearbalap

Btw bagi kalian user motor2 baru inget yaa agar lebih memberi perhatian terhadap kondisi knalpot motormu. Sebab jika teledor siap siap dehh nangis nyari dana lebih buat beli knalpot baru wkwk.. Oh iyaa ada tips jitu biar knalpot awet sobb. Setelah motor dipakai menerobos hujan, maka setelah knalpot dingin lap dan bersihkan leher knalpot agar kotoran tanah/ batu tidak menempel di leher knalpot. Karena disinyalir tanah dan batu yang menempel inilah biang kerok penyebab leher knalpot seperti gambar paling atas..!

Last apakah betul kualitas logam knalpot motor2 keluaran baru lebih jelek..? Sebab dengan perlakuan yang sama persis ternyata knalpot Jupiter Z1 gearbalap saat ini kondisinya jauh lebih baik dari Aerox. Padahal umur pakai hampir 5 tahun lebih tua..!

Adakah yang bisa menjelaskan hal ini…!

gearbalap

Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi.. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *