Dasar Teori Strategi Amati Tiru Modifikasi…!

teori strategi amati tiru modifikasi
Strategi amati tiru modifikasi ilustration

Holaa sobat gearbalap apa khabarr semoga sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT yaa.. Sob kali ini gearbalap ingin berbagi sedikit ilmu yang gearbalap dapatkan sewaktu Green Belt training di Yogyakarta bulan Juni lalu. Nahh yang ingin gearbalap share yaitu analogi brainstorming atau mungkin lebih familiar disebut dengan strategi amati tiru lalu modifikasi. Ok lanjut bacanya yaa..

Sebelum gearbalap kupas lebih dalam akan lebih afdhol jika sobat lebih dulu paham apa itu analogi brainstorming. Jadi analogi brainstorming adalah sebuah cara untuk memperoleh ide/solusi dengan cara menganalogikan sesuatu (bisa orang, perusahaan lain atau kompetitor) sebagai acuan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Contoh kasus : misal ada problem bahwa waktu tunggu pesanan makanan hingga siap saji sangat lama. Maka kita bisa memakai McDonald’s sebagai analogi untuk mencari solusi dari problem yang ada. Dari situ kita bisa mengamati kenapa di McDonald’s waktu yang dibutuhkan sejak pesan makanan hingga makanan siap disajikan sangatlah cepat. Dan dari hasil pengamatan misalnya saja ohh ternyata prosedur pemesanan makanan di McDonald’s bisa cepat karena sangat simpel, pembeli tinggal tunjuk gambar makanan, sementara makanan yang ada di gambar sudah tersedia dan siap disajikan..!

Nahh hasil pengamatan tersebut nantinya bisa di tiru sebagai sebuah ide/solusi dan mungkin perlu dilakukan sedikit modifikasi agar ide/solusi tersebut bisa diterapkan di tempat problem tersebut ada.

Dari sini sudah terbayang yaa kaitan analogi brainstorming dengan strategi amati tiru modifikasi. Jadi ketika kita melihat ada sebuah produk yang biasanya masih baru atau kelihatannya kalah bersaing dengan kompetitor. Namun tiba tiba produk tersebut berubah dengan memiliki semua hal positif yang ada di produk penguasa pasar maka bisa dipastikan bahwa hasil dari analogi brainstorming aka strategi amati tiru modifikasi sedang dilakukan.

Btw strategi mengcopy kelebihan produk kompetitor adalah satu dari sekian cara untuk mengupgrade sebuah produk dan ternyata ada teorinya sobb wkwk. Yang jadi kontroversi adalah mengcopy paste plekketiplek kelebihan yang ada di kompetitor.. Apakah itu sah sah saja dilakukan meski nantinya dianggap sebagai follower..? Yahh selalu ada hitam atau putih, ada positif ada negatif. Tapi jika minim resiko tentu strategi ini tetap akan jadi pilihan cerdass khan..? https://www.gearbalap.com/2017/01/strategi-aman-ala-honda-ahm-strategi-follower/

Last strategi amati tiru modifikasi akan sangat mematikan jika dilakukan oleh sang penguasa pasar. Karena ketika semua terasa mirip maka kompetitor yang notabene minoritas tidak akan memiliki uniq value lagi. Dan jika itu terjadi maka its over for minority..!

See in here https://www.mcdonalds.com/

About gearbalap 426 Articles
Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi. Tidak ada moderasi, tapi komentarmu perlu waktu 5 menit baru muncul. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*