Balada Ojol Bawa Bayi.. Kasihan Namun Membahayakan..!

Picture by IG Airin NZ

Sobb to the point aja, pasti sudah denger tentang driver ojol bawa bayi khan..? Jujur kalo liat yang seperti ini gearbalap agak gimana gitu.. Kasihan sihh iyaa, tapi apa ngga ada saudara ato tetangga yang bisa dititipin sampai harus membawa dedek bayinya. Kepanasan, kehujanan dan udara kotor jalanan yang beresiko terhirup tentu bukan hal yang bagus bagi bayi yang dibawa. Belum lagi faktor keamanan dan keselamatan di perjalanan yang seolah di abaikan. Jadi apapun alasannya ” ojol bawa bayi ” jelas ngga bagus buat semua..!

Simalakama.. karena jika kita melarang ibu tersebut narik ojek mungkin kita membunuh mereka perlahan dengan kelaparan. Namun jika kita tutup mata dan bersimpati maka sama saja dengan membiarkan si ibu memasukkan penyakit ke buah hatinya. Di sisi lain menitipkan buah hati ke tetangga juga sebuah hal tersendiri. Selain butuh ketegaan dari sang ibu, tidak semua tetangga bisa dan mau di titipi bayi. Jadi dalam kasus ojol bawa bayi memang kompleks dan butuh kemauan serta kesadaran berbagai pihak agar tidak terjadi.

TIDAK MUDAH.. Namun gearbalap yakin bisa dicarikan solusinya. Dengan keseriusan tidak ada yang tidak mungkin. Misalnya saja dari pihak operator menyediakan fasilitas penitipan anak bagi driver yang memiliki balita. Sedang dari pihak driver harus mau dan sadar diri untuk menitipkan anaknya di fasilitas tersebut. Setelah itu buat regulasi bahwa driver ojol tidak boleh membawa anak – anak saat menarik penumpang. Sediakan sanksi berat bagi ojol yang melanggar aturan tersebut. Gearbalap yakin sanksi berat dibutuhkan untuk memastikan tidak ada anak- anak yang terlibat dalam kegiatan ojek online.

Fasilitas penitipan anak hanya sebuah solusi dari sekian solusi lainnya. Sangat merepotkan, butuh biaya dan terutama di butuhkan policy dari tiap operator ojek online. Tapi menurut gearbalap worthed untuk di aplikasikan karena sejatinya operator bisa eksis dan berkembang tidak lepas dari sumbangsih drivernya. Ada simbiosis mutualisme antara operator dengan driver ojek online, sehingga akan lebih apik jika kedua belah pihak memberikan yang terbaik yang bisa di lakukan.

Btw gearbalap angkat jempol terhadap seorang ibu/istri yang membantu suaminya mencari nafkah. Bukan tentang emansipasi tapi memang kadang kondisi ekonomi yang ideal itu tidak terjadi pada setiap rumah tangga. Dan di saat berada dalam situasi tidak ideal tersebut sosok ibu/istri yang membantu suami mencari nafkah bak wonder woman dunia nyata.. KEREENN…!! Butuh mental kuat laksana baja dari omongan tetangga wkwk hiks..

Last gearbalap tidak ingin melihat ojol bawa bayi lagi di jalanan, tapi semoga ibu ojol dimanapun berada selalu di beri kekuatan dan kesabaran yahh.. Aamiinn..

gearbalap

Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi.. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

You may also like...

2 Responses

  1. Say berkata:

    terlepas dr kasian ….harusnya dilarang . Konsentrasi dan keselamatan umum lbh penting …..aplikasi jg ada tanggung jawab moril …banned ….jalan bkn utk kasihan sedikit lengah diri dan orang lain yg tdk berdosa jg korban kecelekaan yg jauh jauh bisa di hindari ….. dunia jalan keras jgn jd korban sia sia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *