Strategi Aman ala Honda AHM… Strategi Follower..??

Sobat gearbalap apa khabarr.. semoga sehat dan penuh semangat di tahun 2017 ini yaa… Sob setelah ahir tahun ramai dan heboh dengan spyshot R15-2017 kini trend berita bergeser ke rumor bahwa Honda hendak mengeluarkan PCX Lokal untuk menghadang N-Max dan Honda Forza untuk mengganjal Yamaha X-Max 250. Hmm Strategi follower kah…?

Sebenarnya bukan info baru sech.. Lha wong info tersebut sudah beredar lama kok..! Namun isu terbaru ini sudah menyebut time line produksi dari PCX lokal tersebut.. Hmm.. kayaknya Honda AHM ngiler melihat larisnya N-Max dan tingginya Animo X-Max 250 di IMOS 2016 kemarin..
Khas AHM banget yaa.. mereka tidak akan membiarkan produk kompetitor bermain sendiri.. Ketika market baru tercipta mereka akan ikut bermain sekaligus menguasai market baru tersebut..!
Namun entah mengapa jika berbicara market baru.. kok gearbalap merasa Honda AHM selalu tertinggal satu langkah di banding Yamaha yaa..
Yup selain scoopy, Honda AHM terkesan one step behind Yamaha..
Dan efeknya adalah ada sebagian pihak yang merasa bahwa Honda AHM adalah follower.. Hmm.. anggapan yang terasa benar ketika melihat motor Honda sekarang ini.. CB150, CBR 150, Sonic, Supra GTR. Jika pun beda genre seperti Supra GTR dengan Mx-King.. tetapi waktu release yang telat di banding kompetitor membuat stigma Honda follower mulai muncul belakangan ini..
Jika tak percaya bisa baca komen di blog iwan banaran artikel berjudul ” Analisa.. Honda Forza di siapkan untuk menggebuk Yamaha X-Max 250..?? “ Yup banyak komen lantang yang bernada negatif di tujukan ke Honda AHM tentang strategi yang di terapkan saat ini.. Lepas siapa yang komen yaa.. he hehe..

Banyak banget pertanyaan spti ini.., emang ngga bisa bikin design sendiri.. kok ngekor mulu sech.. etc. pertanyaan logis yang pasti di tanyain oleh orang yang melek dengan keadaan sekitar..! Gearbalap kadang mikir gimana yaa perasaan petinggi Yamaha dengan strategi Honda ini..?

Tetapi ada hal yang luput dari pandangan orang awam tentang strategi Honda AHM ini.. Its all about business.. Yup bener banget sob..! Ada gula ada semut.. Ada market ada fuluss.. Dan kebetulan Yamaha lah yang pintar dalam mencari sumber gula aka market.. tetapi Honda lah yang memiliki sendok lebih besar guna mengambil gula tersebut..

Its not fair.. isnt it..? Kliatannya tidak adil yaa.. tapii sekali lagee inilah bisniss sob.. Honda AHM tidak melakukan sesuatu yang di larang..! Apalagi dengan market share 80% Honda AHM bisa leluasa melakukan strategi follower secara halus karena hanya sedikit yang mempersoalkan strategi tersebut.. aka FBY Only… he hehe.. dan itupun jumlahnya cuma sekian persen dari market share..iyaa khann…!!

Dan Yamaha.., They know it better.. Yup mereka sangat paham dengan strategi dan situasi yang dihadapi.. dan solusi terbaik adalah terus berinovasi dan berevolusi.. Tak ada opsi lain selain itu..
Sulit tapi yaah mau gimana lagee..

See you again & keep safety riding sobb…

 

About gearbalap 426 Articles
Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi. Tidak ada moderasi, tapi komentarmu perlu waktu 5 menit baru muncul. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

2 Komentar

  1. kang, biaya survey market besar kang, dan survey tersebut belum mewakili separuh dari keinginan pasar. yaa strategi paling mudah adalah atm, amati tiru modifikasi. toh sudah lama dilakukan di dunia marketing juga kok. adapun penambahan gimmick kaya iss, sks, combi brake dll, itu cuma gimmick. yang paling utama adalah brand value dari pabrikan. sama daya produksi pabrikan. ibaratnya honda jual maic mio, versi honda kasih gimick macem2, kasih nama beat, pake brand honda, toh pasti laku kok..

1 Trackback / Pingback

  1. Dasar Teori Strategi Amati Tiru Modifikasi...! - Gearbalap

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*