Kecelakaan Karena Rem Depan Ngelock..! Teknologi ABS Solusinya..

Foto ilustrasi

Gearbalap.com – Jiaan mimpi apa semalam yaa coz pas berangkat kerja kok gearbalap ngeliat Kecelakaan karena rem depan ngelock.! Sebuah kecelakaan tunggal yang untungnya terjadi di speed yang tidak terlalu tinggi sehingga sang biker selamat tanpa cidera serius. Alhamdulillah….! Lokasi kejadian sendiri ada di depan perumahan Kenari di Cileungsi jam 7 pagi. Dari pandangan mata gearbalap terlihat tiba tiba sang biker naas tersebut seolah di lemparkan dari atas motornya. Gearbalap yang melihat dari arah depan sempat dibuat kaget dan kelimpungan coz ngga nyangka bakal ada kejadian tersebut. Aseli bikin shock dan jantung copot tenan sobb wkwk..

Dulu sekali gearbalap pernah mengalami kejadian serupa dan memang kejadiannya sangat cepat karena tau tau badan sudah berada di atas aspal tanpa tau apa yang terjadi. Kasusnya pun sama yaitu rem depan sepertinya ngelock sehingga roda berhenti berputar. Akibatnya ban depan slide dan ahire dhlosor mencium aspal. Hadeeuhh nyesek asli sobb badan sakit dan motor baret di beberapa bagian.

Jika di pikir dan di ingat ingat, dulu gearbalap dhlosor terjadi pas menurunkan kecepatan motor saat melewati genangan air. Nampaknya gearbalap menekan tuas rem depan terlalu dalam dan naasnya malah ngelock hiks. Gearbalap tidak tahu persis apakah hal yang sama juga di alami oleh biker yang dhlosor pagi tadi. Tapi feeling gearbalap ko sama sobb wkwk..

Berkaca dari apa yang gearbalap alami dan mungkin banyak biker lain juga alami, maka jika ada yang bilang kalo teknologi antilock brake system (ABS) tidak perlu di motor cc kecil adalah NGAWUR BESAR..! Mungkin yang berpendapat seperti itu belum pernah ngalamin sakitnya dhlosor akibat rem depan ngelock wkwk.

Mindset rem ABS hanya perlu untuk motor berbagai cc besar gearbalap rasa harus di ubah. Jika alasannya adalah cost produksi akan naik gearbalap rasa ko hal itu bukan sebuah alasan yahh..? Sebab pabrikan motor punya kewajiban moral untuk memastikan bahwa motor yang dijual sangat aman ketika dipakai oleh custemornya. Btw gearbalap pikir teknologi antilock brake system (ABS) seharusnya menjadi teknologi yang wajib ada di semua varian dan level motor. Sebab kecelakaan karena rem depan ngelock dapat terjadi di semua motor baik cc besar, cc kecil, varian terendah maupun varian tertinggi.

Last tidak peduli dari pabrikan mana, jika memang bisa di aplikasikan seharusnya pabrikan tidak perlu pikir dua kali untuk memasang teknologi ABS ke semua motor produksinya.. Coz sejujurnya ada banyak nyawa dan masa depan jutaan keluarga di Indonesia di pertaruhkan..!

Setuju yaa….?

gearbalap

Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi.. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

You may also like...

2 Responses

  1. goezman berkata:

    setuju banget, udah jelas kecepatan 40 km/jam aja bisa berbahaya klo ban depan sampe ngelock. bukan masalah motor kecil atau besar.

  2. gearbalap berkata:

    Bagi yang pernah mengalami jatuh pasti setuju dengan artikel ini.. tapi sudut pandang berbeda sangat mungkin di miliki oleh pengambil keputusan dan pembuat kebijakan.. Thats the real problem..!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *