Pengaruh Jumlah Mata Gear Belakang Lebih Sedikit Di Jupiter Z1..

Pengaruh jumlah mata gear belakang lebih sedikit di Jupiter Z1. Sobb performa motor dalam kondisi standar pabrikan sudah tentu akan seimbang di berbagai aspek. Kalo gearbalap bilang motor akan so so saja ketika di pakai. Nyaman tapi engga spesial.! Oleh karena itu bagi sebagian orang, “standar itu rasanya enggak banget..” karena tidak ada aktualisasi diri di sana. Jadi tidak heran meskipun sifatnya minor selalu ada sentuhan khusus pemilik motor untuk merubah motornya agar sesuai dengan selera.

Merubah gear ratio

Sebenarnya gearbalap tidak berniat merubah gear ratio motor. Semua terjadi karena si abang bengkel main ganti gear tanpa melihat gear bawaan motor Jupiter Z1 gearbalap. Dan apesnya sudah bukan part ORI ternyata jumlah mata gear yang di pasangpun engga sama sobb. Jumlah mata gear dari yang semula 41 belakang dan 13 depan, kini berubah menjadi 40 belakang dan 15 depan. Akibatnya gear ratio pun turun dari 3.15 menjadi hanya 2.67 saja. Sehingga menurut teori kekuatan akselerasi motor akan turun namun nafas mesin akan panjang di putaran rpm tinggi. Dan jika beruntung mungkin akan menambah top speed motor.!

Pembuktian..

Lalu bagaimana pengaruh jumlah mata gear belakang lebih sedikit terhadap feel motor? Hmm secara umum feel motor berubah menjadi makin linear pergerakannya. Akselerasi lebih smooth atau dalam bahasa umum, Lemot sobb wkwk. Serasa kurang wuss wuss ketika gas di betot.

Mungkin akan lebih mudah di pahami jika penjelasannya di breakdown sbb:

  • Gigi 1 : feel nya masih mirip dengan ketika memakai gear bawaan pabrik. Nafas pendek speed 20 km/jam sudah minta oper ke gigi 2.
  • Gigi 2 : feel lemot aka lemahnya akselerasi mulai terasa. Namun nafas mesin terasa panjang juga mulai terasa. Jika sebelumnya dengan gear bawaan pabrik di speed 40 km/jam mesin sudah teriak minta oper ke gigi 3, kini mesin baru mulai teriak di speed 55-60 km/jam.
  • Gigi 3 : dengan gear baru feel motor di gigi 3 terasa menyenangkan sobb. Power dan akselerasi cukup padat di rentang speed 60-80 km/jam. Melewati tembok 80 km/jam mesin mulai berteriak untuk oper ke gigi 4.
  • Gigi 4 : Overdrive.. yup itulah istilah yang tepat untuk menggambarkan gigi 4 dengan gear baru. Motor terasa ampang meskipun gas di betot sangat dalam. Speed bergerak naik dengan sangat pelahan sehingga butuh waktu lama untuk mencapai speed 95 km/jam.

Penjelasan lebih dalam..

Just info aja dengan mata gear belakang lebih sedikit, untuk pemakaian harian gearbalap banyak bermain di gear dua dan tiga saja. Sebab dua gear itulah yang paling bisa di eksplorasi feel nya. Gear 1 kepakai pas awalan start dan gear 4 terpakai untuk sekedar mengurangi getaran mesin saja. Malah gear 4 jadi terasa mubazir karena tidak optimal lagi jika di pakai untuk menaikkan speed motor. Akhirnya secara tak sadar ada perubahan kebiasaan dalam mengendarai motor. Yaitu lebih seneng maen gigi dua dan tiga di rentang speed 50-80 km/jam. Engga ngebut2 lagi sobb..!

Merubah gear ratio apakah recomended..?

Meski gearbalap ngga suka ngebut dalam bermotor, namun motor lemot jujur sangat menjengkelkan. Jadi untuk motor harian Gearbalap lebih prefer tetap memakai gear bawaan pabrik saja. Karena dengan gear standarpun Jupiter Z1 tetap asyik di putaran bawah maupun atas..

Semoga bermanfaat..

gearbalap

Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi. Tidak ada moderasi, tapi komentarmu perlu waktu 5 menit baru muncul. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

You may also like...

4 Responses

  1. awansan berkata:

    pengalaman beratin gear blkg, gigi 3 lebih panjang nafas, gigi 4 ngemposs

  2. Mas Jeck berkata:

    Wah nais inpoh… Sayang wingi golek Z1 ga nemu2 akhire tuku NHSX125fi

  3. Mase berkata:

    Jangan kenceng kenceng lek nanti dikira kebelet boker…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: