Piston Motor Berkerak Hitam..!

Piston motor berkerak hitam, Hmm aseli bikin ilfill dan senewen.! Pikiran gearbalap langsung di tarik kebelakang menelisik setiap jengkal memori yang muncul. Apa yang salah dan kenapa terjadi wkwk.. Yup artikel ini berdasar kisah nyata di motor Yamaha Aerox155 punya gearbalap. Btw sebelum lanjut membaca gearbalap mengingatkan bahwa hal ini tidak ada hubungannya dengan brand ataupun merk motor yaa.. Semua yang terjadi yaa karena itulah yang terjadi.!

Kronologis kejadian..

Semua berawal dari suara berisik yang berasal dari area mesin. Tak tak tak tak sejak motor di hidupkan dan suara tak tak tak akan semakin keras ketika motor di pacu kencang. Bikin jengah ketika berada di lampu merah atau ketika masuk area sekolah anak. Setelah berkonsultasi dengan mekanik sebuah bengkel, akhirnya gearbalap putuskan untuk belah mesin. Dan tarraa.., nampak penampakan piston motor berkerak hitam yang menjengkelkan. Bapak mekanik pun bertanya : Bang motornya pernah kehabisan oli..? Gearbalap terdiam sambil mencoba mengingat kapan yaa pernah telat ganti oli. Dan sialnya sampai saat ini gearbalap belum ingat kapan pernah telat mengganti oli..!

Penampakan piston..

Nahh biar sobat punya gambaran real kondisi piston motor gearbalap, silahkan menikmati beberapa foto berikut :

F0to di atas memperlihatkan permukaan piston penuh kerak berwarna hitam yang kata bapak mekanik kemungkinan dari pembakaran yang tidak sempurna. Hmm apakah akibat dari pemakaian BBM yang tidak sesuaikah..? Pertalite effect..?

Foto atas memperlihatkan dinding piston yang mbaret mengindikasikan bahwa oli mesin tidak bekerja dengan semestinya. Ahhh apakah ini yang di maksud bapak bengkel dengan effek motor kehabisan oli..? Lagi-lagi gearbalap mencoba mengingat kapan pernah telat mengganti oli mesin..! Dan sampai saat ini masih belum ingat juga wkwk..

Harus terukur..

Jika sobat jeli, beberapa kali gearbalap menekankan kata ” mencoba mengingat “. Yup gearbalap mencoba berkata bahwa ingatan manusia adalah sesuatu yang tidak terukur. Jadi akan lebih baik jika periode penggantian oli mesin di lakukan berdasarkan sesuatu yang bisa di ukur seperti : waktu atau jarak tempuh yang reasonable. Kenapa harus terukur? Karena akan menghindarkan dari kebingungan dan mencegah lupa mengganti oli mesin.

Pesan gearbalap..

Permudah hidupmu dengan yang pasti-pasti.. Jangan berhemat 70.000 jika akhirnya mengakibatkan keluar duit 1.450.000 rupiah.. coz its hurts & its really really hurts..!

About gearbalap 426 Articles
Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi. Tidak ada moderasi, tapi komentarmu perlu waktu 5 menit baru muncul. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*