Rutin Chek Motor Mu Agar Tidak Seperti Ini..!

Baut spakbor depan aerox lepas
Baut spakbor depan lepass
Baut spakbor depan aerox lepas
Baut spakbor depan lepass

Sobb rutin chek motor mu agar kejadian seperti foto di atas bisa cegah.. Yup foto di atas adalah spakbor depan motor aerox milik gearbalap yang bautnya tiba tiba lepas saat di pakai riding.  Alhasil timbul suara klotakan berisik ora karuan. Alhamdulillah untungnya saat itu gearbalap lagi low speed sehingga ngga ada kerusakan serius di motor atau something bad happen..!

Btw sudah jadi kebiasaan umum bahwa selama ini kita jarang ngechek kondisi motor. Selama motor masih bisa jalan maka ayoook aja geber terus. Apalagi jika motor masih enak di pakai, waah ngga bakalan dehh kita mikirin kondisi motor..! Dan itulah yang gearbalap lakukan.. terlena dengan kondisi aman tiba-tiba dueng baut spakbor depan lepass hehe.

Rutin Chek motor mu agar tidak seperti ini
Tuas rem lecet akibat kecelakaan

Berdasar pengalaman, pengecekan rutin motor penting di lakukan sebagai langkah preventif mencegah kejadian yang tidak di inginkan. Adapun bagian yang perlu sering di chek yaitu: kampas rem, oli mesin, air radiator, tekanan angin ban dan kekencangan baut tentunya. Kenapa hal itu penting karena bagian tersebut tidak terlalu terasa oleh feeling kita sehingga akan sering tidak terkontrol. Akibatnya yaa tau tau motor rusak atau malah celaka karena kita tidak aware kondisi motor. Inget sobb oli habis, rem blong, ban botak adalah faktor utama dari motor penyebab kerusakan atau kecelakaan.

Nahh dalam kasus aerox gearbalap, siapa yang ngira jika baut spakbor depan bisa lepas.. TIDAK ada sobb..! Everything so fine. Untung aja cuma baut spakbor, coba kalau kecolongan oli mesin habis atau rem blong wahh pasti runyam urusannya. Maka disinilah pentingnya rutin chek motor di lakukan. Bisa di lakukan sendiri kok atau kalo mo gampang yaa lakukan pas jadwal rutin servis sobb.

Last gearbalap memang lalai dan kecolongan, tapi itu adalah pelajaran dan reminder agar lebih perhatian ke kondisi motor. Yang penting mari kita berdoa agar selalu di lindungi allah SWT, terhindar dari marabahaya dan selamat sampai di tujuan. Aamiinn..!

Baca juga yang ini sobb..

Tinggi jok Honda ADV150 bikin susah boncenger..!

Jangan hilang fokus jika tidak ingin celaka..!

About gearbalap 426 Articles
Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi. Tidak ada moderasi, tapi komentarmu perlu waktu 5 menit baru muncul. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

19 Komentar

  1. Sebelum lepas kan mestinya kendor dulu. Pada kondisi kendor ini biasanya sudah mulai terdengar suara abnormal. Nah, kalau sudah ada suara-suara abnormal buru-buru diperiksa, biar gak samnpai lepas.

    BTW, thanks sudah ngingetin.

  2. Dalam kaidah defensive riding memang perlu selalu lakukan pre trip inspection sebelum jalan, ini kondisi ideal jika mau kedepankan safety

    Ada tips biar minimal kondisi luar motor terpantau baik yakni dengan rutin mencuci motor sendiri, saat nyuci ketauan mana yang aneh atau baret

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*