5 Tanda Ban Motor Wajib Di Ganti..!

Karet ban motor keras

5 Tanda ban motor wajib di ganti.. ketika kita naik sepeda motor tentunya keamanan dalam berkendara perlu kita perhatikan. Salah satu bagian motor yang harus di lihat adalah ban motor. Ban tidak layak pakai bisa menjadi penyebab kecelakaan. Jadi abai terhadap kondisi ban motor bisa membahayakan keselamatan diri kita maupun orang lain.

Nahh biar sobat lebih paham, berikut ini gearbalap rangkum 5 tanda ban motor wajib di ganti yaitu :

1.Ban Gundul

Wahh ini kondisi yang sangat berbahaya sobb. Istilah ban gundul pada dasarnya adalah karena tebal karet ban yang sudah menipis. Sehingga ban tidak memiliki kembang/alur ban lagi. Akibatnya saat melewati genangan air, ban akan kehilangan kemampuan untuk memecah air. Sehingga bisa terjadi aqua planing dan motor rawan tergelincir.

2.Karet Ban Keras

Karet ban keras adalah kondisi yang paling sering di jumpai di masyarakat kita. Bisa di check dengan menekan ban dengan kuku tangan. Ban baru akan terasa empuk dan sedikit membal, sedang karet ban keras akan terasa keras saat di tekan. Alur ban begini umumnya masih bagus dan tebal, namun feeling motor amburadul karena minimnya grip ban ke aspal. Karet ban yang sudah keras membuat motor sukar di hentikan meskipun sudah menekan tuas rem sangat dalam. Akibatnya rawan nabrak kendaraan di depan. Ngerihh sobb..!

3.Retakan Halus di Ban Motor

Retakan halus di ban biasanya muncul karena usia ban yang sudah tua (>1 tahun). Atau faktor lingkungan penyimpanan ban yang tidak ideal. Misalnya saja tiap hari motor ada di bawah sinar matahari langsung. Btw retakan halus di ban bagi gearbalap adalah tanda yang paling mudah di kenali bahwa ban motor kita sudah saatnya ganti baru.

4.Ban Motor Banyak Tambalan

Ini sebenarnya ngeselin banget.! Meski ban masih bagus dengan usia pakai masih baru, tapi jika sudah banyak tambalannya yaa tetep harus di ganti sobb. Ngerihh saja jika pas high speed atau pas mboncengin anak istri tau-tau tambalannya lepas. Bisa2 auto nyusrug khan. Oleh karena itu jika tambalan ban sudah lebih dari dua ngga usah ragu buat ganti ban yaa..

5.Ban cacing

Kalo ini gearbalap ngga ada kompromi. Meski ban masih baru, karet tidak keras, tidak ada retak halus di permukaan ban namun jika ketahuan pakai ban cacing pasti akan langsung gearbalap ganti. Sebab entah kenapa gearbalap kurang sreg dengan aliran ban cungkring ini. Gearbalap lebih prefer ke ban dengan ukuran standar atau malah lebih besar buat di pakai harian.

Last dengan penjelasan di atas semoga bisa lebih paham yaa. Jika menemukan 1 tanda diatas jangan ragu untuk segera ganti ban, kalaupun belum bisa ganti ban baru lebih baik berhati-hati saat berkendara sebab keselamatan di atas semuanya sobb..

About gearbalap 418 Articles
Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi. Tidak ada moderasi, tapi komentarmu perlu waktu 5 menit baru muncul. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

5 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*