Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet..!

Cara merawat rantai motor – Sobat gearbalap pengguna motor non matic tentu sudah tidak asing dengan yang namanya rantai motor. Yup di Indonesia rantai motor biasanya ada di motor berjenis bebek/moped dan sport. Dan sebagai pengguna motor jenis bebek, kali ini gearbalap pengen berbagi pengalaman seputar merawat rantai motor.

Fungsi rantai motor

Yup sebelum ke bagian perawatan.. gearbalap pengen ngejelasin singkat fungsi dari rantai motor. Fungsi rantai motor = fungsi van belt di motor matic. Yaitu untuk menyalurkan tenaga putar dari mesin ke roda belakang. Jika rantai motor bermasalah maka sudah pasti akan berpengaruh ke performa dan kenyamanan. Motor tidak akan enak dan nyaman saat di kendarai, Motor akan berisik dan laju motor tidak smooth seperti agak tertahan.

Cara merawat rantai motor agar awet

Pada dasarnya merawat rantai motor sangatlah mudah dan simpel, tinggal ikuti beberapa tips ampuh berikut :

1.Bersihkan rantai setiap 500 km

Angka 500 km sebenarnya relatif tergantung kondisi rantai. Jika trek yang kita lalui banyak debu atau lumpur yaa bisa2 ngga nyampai 100 km rantai sudah harus di bersihkan sobb. Tapi jika rute keseharian kita standar perkotaan gearbalap yakin jarak lebih dari 500 km pun rantai masih aman engga perlu di bersihkan. Adapun cara membersihkan rantai bisa dengan di cuci dengan air sabun atau dengan cairan penetran. Diamkan sebentar agar meresap kemudian gosok dengan sikat gigi sampai kotoran yg menempel terlepas. Setelah itu bilas dengan air bersih hingga bersih. Selesai..

2.Lumasi rantai dengan teratur

Melumasi rantai bertujuan agar rantai tidak kering dan berkarat. Melumasi rantai wajib dilakukan jika ingin rantai motor awet. Jika di lakukan dengan teratur akan mengurangi suara berisik yang muncul dari gesekan mata gear dengan rantai. Karena gesekan berkurang maka otomatis rantaipun tidak cepat aus. Pelumasan rantai bisa di lakukan dengan pelumas khusus rantai atau dengan oli mesin. Tapi gearbalap sarankan jangan pakai oli mesin bekas yaa..

Rantai kering dan berkarat

Efek rantai yang tidak terawat

Rantai yang tidak terawat pada dasarnya akan berkurang masa pakainya karena rantai akan cepat aus. Jika sudah aus dan tetap di pakai, akan membahayakan karena rantai bisa putus ataupun lepas. Ngerihh ini sobb. Btw ada efek minor dari rantai yang tidak terawat yaitu timbul suara berisik dan akselerasi berkurang.

Last setelah membaca artikel ini, engga ada salahnya jika kita mulai merawat rantai motor kita. Demi keselamatan, dan percayalah jika rantai motor kering,berkarat dan berisik sangat tidak trendy. Sangat bukan gearbalap wkwk..

About gearbalap 418 Articles
Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi. Tidak ada moderasi, tapi komentarmu perlu waktu 5 menit baru muncul. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*