Alien MotoGP 2019.. Cuma Ada Satu Marc Marquez..!!

Marc Marquez alien MotoGP

Gearbalap.com- Holaa Sobat gearbalap semoga sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT yaa..! Sobb jika kita sedikit flashback ke beberapa tahun terakhir dominasi Marc Marquez di kelas primer MotoGP sangat kentara. Menurut gearbalap sampai artikel ini di buat tidak ada pembalap yang bisa menyamakan level dengan Marc Marquez. Tidak Dovizioso, Jorge Lorenzo ataupun Valentino Rossi. Itu artinya Marc Marquez adalah satu satunya pembalap alien MotoGP saat ini.

Lalu apakah kira2 penyebab dominasi Marc Marquez saat ini..? Hmm bagi gearbalap satu satunya penjelasan yang masuk akal adalah karena Marc Marquez sangat ADAPTIF sekali terhadap perubahan lintasan ataupun motor. Mengerti bagaimana motor akan bereaksi positif atau sebaliknya. Bisa menjelaskan kepada crew di paddocck apa yang harus mereka lakukan terhadap motor, agar didapatkan motor yang diinginkan. Serta mengerti di sirkuit mana doi akan memperoleh keuntungan dan sirkuit mana doi harus memperkecil ketertinggalan dari rival.

MotoGP 2019 memberi contoh betapa kegagalan beradaptasi membuat performa beberapa pembalap hancur amburadul tidak karuan. Johann Zarco bersama Yamaha Tech3 musim 2018 berkompetisi berebut podium, namun bersama KTM sangat kesulitan meski hanya untuk masuk ke zona poin. Jorge Lorenzo bersama Yamaha adalah favorit kuat juara MotoGP tiap tahunnya, namun bersama Ducati doi sangat kesulitan meski hanya untuk juara seri. Dan apesnya kesulitan itu kini terulang lagi dengan Repsol Honda.

Jorge Lorenzo strugling

Kesuksesan bersama motor baru tergantung dari bagaimana cara mereka memahami motor. Bersama Ducati Jorge Lorenzo mengerti bahwa ia harus merubah riding style nya. Dan berhasil sobb. Dengan berubah dan beradaptasi Jorge Lorenzo bisa menggunakan kelebihan Ducati supaya menang! Lain lagi dengan Johann Zarco, bertahan dengan riding style smooth saat masih bersama Yamaha ternyata tidak memberi hasil positif. Sementara sang rekan Pol Espargaro berani memperlakukan KTM RC16 dengan lebih kasar.

Bahkan pembalap yang tidak berganti team pun harus selalu beradaptasi. Setiap tahun para insinyur MotoGP selalu menemukan cara meningkatkan kemampuan motor. Pembalap pun mau tak mau harus beradaptasi lagi dengan riding style yang mungkin berubah. Itupun sambil mencari cara bagaimana menggunakan kemampuan baru motor. Plus tentu saja sambil menutupi kelemahan yang mungkin timbul akibat perubahan yang dilakukan. Haha jadi pembalap jebule ribet yahh..!

Btw Honda RC213V dan Marc Marquez adalah sebuah contoh bagus betapa proses adaptasi harus selalu dilakukan. Yup di musim 2019 Honda melakukan perubahan radikal demi mengejar defisit top speed dari Ducati. Artinya Honda beradaptasi sobb.. Namun perubahan radikal tersebut memaksa Marc Marquez memperbarui cara berkendaranya. Dan hebatnya doi tidak keukeuh bertahan keras kepala dengan riding style sebelumnya. Yup Marc Marquez pun juga beradaptasi lagi dengan motor baru.. hmm he is Great Rider right..?

Last mungkin karena selalu sukses beradaptasi terhadap perubahanlah yang membuat Marc Marquez menjadi satu satunya alien MotoGP saat ini..!

gearbalap

Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi.. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *