New Chassis Honda Genio, Inovasi Atau Cost Down..?

Chassis Honda Genio

Gearbalap.com- New Chassis Honda Genio inovasi atau cost down..? Hmm ada komentar menarik dari seorang teman bahwa chassis Honda Genio adalah sebuah cost down dari AHM. Dan jika itu betul adanya maka ada kemungkinan bahwa harga Honda Genio nantinya akan overprice..! So what do you think sobb, setuju enggak..?

Pada dasarnya chassis Honda Genio adalah sebuah inovasi. Dan sebelum membahas lebih dalam, sobat perlu tahu kenapa inovasi perlu dilakukan. Jadi gini sobb tujuan utama inovasi adalah agar sebuah bisnis bisa SURVIVE dan memenangkan kompetisi. Bisnis bisa survive dan berkembang jika bisa mengikuti perubahan jaman baik itu teknologi, selera pasar, sumber daya etc. Honda bisa bertahan sebagai raja motor di Indonesia karena mereka melakukan inovasi. Yamaha, Kawasaki, Suzuki masih survive juga karena inovasi. Tanpa inovasi tidak perduli Honda, Yamaha, Kawasaki atau Suzuki pasti akan gulung tikar karena produk mereka akan terlibas perubahan jaman.

Nahh sekarang kita fokus ke new chassis Honda Genio.. Dalam kasus ini Honda mencoba proses produksi baru yang berbasis cara pembuatan chassis mobil. Tujuan dari inovasi ini adalah merubah proses produksi chassis agar lebih murah, lebih mudah, lebih cepat dan katanya lebih presisi hasilnya. So ada dua target yang terlihat yaitu better process production and better chassis quality. Dan jika kita fokus ke better process production maka ujungnya adalah lower cost production wkwk..

Picture by TMCblog

Namun setau gearbalap setiap perubahan atau inovasi yang dilakukan WAJIB mengacu kepada spec produk. Dan sebuah inovasi yang baik adalah ketika hasil inovasi tersebut memenuhi semua parameter spec tanpa kecuali. Jadi selalu quality first sobb..! Setelah spec quality terpenuhi barulah boleh mengevaluasi apakah inovasi tersebut bisa mengurangi inefisiensi proses, meningkatkan output, menurunkan cost produksi etc.

Nahh kembali ke pertanyaan temen gearbalap diatas: apakah New Chassis Honda Genio cost down..? Gearbalap yakin iyaa itu cost down karena cost produksi tentunya sudah turun karena adanya efisiensi. Namun apakah ada quality down.. yahh semoga saja tidak karena seharusnya quality tercapai dulu barulah parameter lainnya mengikuti. Dan apakah Honda Genio akan overprice..? bisa jadi sobb jika ternyata Genio lebih mahal dari Beat wkwk

Last tujuan Ahir dari sebuah inovasi adalah agar sebuah bisnis bisa survive. Bisnis bisa survive jika ada margin keuntungan dan setau gearbalap ada dua cara untuk melakukannya yaitu:

  1. Membuat konsumen membayar lebih mahal.
  2. Mengurangi cost produksi dengan menghilangkan inefisiensi yang ada.

Semoga mencerahkan..

gearbalap

Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi. Tidak ada moderasi, tapi komentarmu perlu waktu 5 menit baru muncul. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

You may also like...

25 Responses

  1. Vulgar berkata:

    test comment

  2. 3835info berkata:

    Untuk penurunan kualitas sih aku rasa tidak. Karena ini di klaim lebih kuat

  3. Indomoto berkata:

    Inovasi itu tujuannya adalah QCDSM (Quality, Cost, Delivery, Safety, and Morale). Jadi Cost down pun merupakan salah satu tujuan dari inovasi.

  4. ardiantoyugo berkata:

    sasis baru bikin makin enteng…
    pas nyobain iseng junjung motornya ternyata emang enteng banget… wkwkwkwk…

  5. Viwimoto.com berkata:

    Lebih enteng pasti nya

  6. Anangcozz berkata:

    Cost down tapi jika diimbangi dengan kualitas produk sih gak masalah.

  7. Mase berkata:

    Cost down kayaknya

  8. BMSPEED7.COM berkata:

    Terima kasih mas,informasinya berguna banget nih.

  9. mas noe berkata:

    yg punya pabrik cuma mikir 2 faktor jual produk mahal dan bikinnya murah hehehe

  10. Budi Cahbrogo berkata:

    inovasi yang bagus untuk menekan biaya produksi

  11. IndoRide berkata:

    Hmmm tapi kalau yang saya rasakan sih memang lebih ringan dan mudah “ditekuk-tekuk” ya om, cuma kalau masala cost down ga paham deh hehe

  12. Warungasep berkata:

    Sebenarnya ini salah satu inoviasi yg merupakan strategi yg harua ditiru sama pabrikan yg lain juga

  13. goozir berkata:

    menurut saya branding saja si

  14. rudyasmandara berkata:

    Belom nyoba motornya…jadi belum tahu apakah lebih ringan dan mudah dibawa manuver bulak belok….

  15. alice pramac berkata:

    soal kualitasnya, 2 atau 3 tahun kedepan baru bisa dibuktikan handal atau tidak

  16. imotorium berkata:

    kekurangannya chassis ini kalau rusak sulit untuk diperbaiki, beda sama chassis standar.

  17. Elang Jalanan berkata:

    Udah coba handlingnya masih enakan Scoopy sih setelah jajal keduanya

  18. Heru Tebe berkata:

    Klo ini sih inovasi, karena waktu plant visit ke pabriknya tahun lalu bener-bener invest gede-gedean buat alat produksi rangka model ini, dan keknya bakalan di aplikasikan juga ke model lain jadi ga hanya genio aja,….

  19. warungbiker.com berkata:

    Inovasi dan Cost Down tentunya,. kalau bisa bikin rangka yang bagus, kuat, namun ringin dengan biaya rendah kenapa tidak,.

  20. A'A berkata:

    ya cosdown seh gapapa walaupun pada finalnya adalah harga tetap tinggi… yang penting jangan sampe ada yang namanya qualtydown….

  21. motoblast berkata:

    inovasi yang membuat cost down tapi tetap dapat nilai plus di masa depan.

  22. Motomazine berkata:

    Bisa jadi keduanya..wkwkwk

  23. iwan fadila berkata:

    akal-akalannya honda
    yang jelas, kalau nabrak susah mbetulinnya
    kalaupun bisa dibetulin rangkanya kelihatan cacat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: