Solusi Kode 12 Yamaha Aerox 155..!

Solusi kode 12 Aerox 155..! Sobat gearbalap apa khabarr, semoga sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT yaa..! Kali ini gearbalap ingin berbagi pengalaman seputar permasalahan kode 12 di motor Yamaha Aerox 155 milik gearbalap 1 tahun belakangan. Oks bagi yang belum ngerti apa akibat ketika motor terkena kode 12 & solusi yang gearbalap ambil maka artikel ini mungkin bisa mencerahkan sobat semua.. So silahkan lanjut teruss membacanya.!

Pertama kali terjadi..

Kode 12 pertama kali mulai terjadi di awal tahun 2021. ketika itu motor tidak mau hidup ketika di starter di ikuti munculnya angka 12 di layar spedometer. Kemudian kontak motor gearbalap matikan, starter lagi dan motor hidup seperti semula. Seiring waktu intensitas munculnya kode 12 makin sering dan tidak bisa di prediksi. Kode 12 bisa terjadi saat motor berhenti atau bahkan ketika motor di pacu kencang di jalan raya. Jika itu terjadi maka mesin motor akan mati menyisakan spedometer yang di hiasi angka 12..

Mencari penyebab kode 12..

Seiring waktu kode 12 makin sering terjadi dan sukses membuat gearbalap jengah. Motor Yamaha Aerox 155 gearbalap sering di ledek sebagai motor gagal dan menyusahkan. Beberapa teman bahkan menyarankan untuk menggantinya dengan motor baru.. Dari sini mulailah gearbalap browsing, buka youtube untuk mencari solusi kode 12 Yamaha Aerox 155! Dan hasilnya malah BINGUNG wkwk..!! Ada yang bilang penyebabnya dari socket, aki, spull, kiprox etc.. Artinya penyebab kode 12 tidak berasal dari 1 sumber yang spesifik. Jujur hal ini menyulitkan gearbalap dalam menentukan part motor mana yang akan di eksekusi untuk di ganti.

Eksekusi penyebab kode 12..

Dalam proses eksekusi ada 3 part yang motor yang gearbalap ganti/modifikasi yaitu:

  1. Socket : Di hilangkan, kabel di sambung langsung tanpa melewati socket lagi.
  2. Aki : Ganti baru karena kekuatan aki di spedometer berada di angka 10-11 saja.
  3. Spull : Ganti baru dengan kabel spull lebih panjang milik Yamaha Lexy

Penggantian part di lakukan berdasarkan input mekanik dari beberapa bengkel resmi. Gearbalap urutkan penggantiannya berdasarkan harga part yang akan di ganti. Yup part dengan harga paling murah menjadi yang paling pertama di eksekusi untuk di ganti. Socket di hilangkan, aki ganti baru namun keduanya GAGAL kode 12 tetap muncul. Baru setelah spull di ganti memakai spull kabel panjang milik Yamaha Lexy kode 12 tidak muncul lagi. Naasnya justru part paling mahal lah yang ternyata menjadi penyebab kode 12 di Yamaha Aerox 155 gearbalap wkwk..

Biaya Eksekusi penyebab kode 12..

Bagi sobat yang penasaran berapa harga/modifikasi dari masing-masing part yang di ganti, berikut adalah rinciannya:

  1. Penghilangan socket Rp. 30.000
  2. Ganti aki Rp. 450.000
  3. Ganti spull lexy Rp. 875.000

Yup harga di atas adalah murni dari harga partnya saja yaa.. Sedangkan ongkos jasa akan bervariasi tergantung jenis part yang akan di ganti. Namun tidak akan jauh dari 100.000 saja.

Kesimpulan solusi kode 12 Yamaha Aerox 155..

Yup fix penyebab kode 12 di Yamaha Aerox 155 gearbalap adalah dari spull bawaan nya sob. Terbukti setelah di ganti dengan spull Yamaha Lexy dengan kabel lebih panjang, kode 12 tidak terjadi lagi..!

Alhamdulillah..

About gearbalap 426 Articles
Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi. Tidak ada moderasi, tapi komentarmu perlu waktu 5 menit baru muncul. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*