Menyelamatkan Sektor Riil.. Maka Belanjalah Gaess..!

Menyelamatkan sektor riil di tengah semangat stay at home tidaklah kalah penting dari phisycal distancing..! Yahh itulah yang ada di kepala gearbalap ketika melihat banyaknya orang mesthi kehilangan pekerjaan akibat tempat bekerjanya kolaps. Yup reaksi berantai akibat lockdown di sebuah negara menyebabkan perlambatan ekonomi di tempat lain. Suatu hal yang tidak terhindarkan karena saling terkait yang akhirnya jadi benang kusut global.

Meski Indonesia tidak menerapkan lockdown total, namun kebijakan phisycal distancing tetaplah mengharuskan aktivitas yang melibatkan banyak orang dilarang. Semua aktifitas konser, olahraga, pabrik, kantor, mall, pasar di suruh berhenti atau setidaknya di kurangi. Akibatnya banyak pabrik yang terpaksa merumahkan atau bahkan mem PHK karyawan nya karena tidak tidak bisa beroperasi normal. Entah karena tidak ada suplai bahan baku dari negara lain yang sedang melakukan lockdown atau karena permintaan yang lesu akibat semua orang menahan pembelian. Yup sektor riil akhirnya melambat karena minim aktivitas jual beli baik di skala mikro ataupun makro.

Lalu bagaimana cara menyelamatkan sektor riil..? Yaa cara paling dasar adalah dengan cara membelanjakan uang sesuai kemampuan dan kebutuhan sobb. Artinya tetaplah hidup normal seperti biasanya. Akan lebih bagus jika horang kaya di negeri ini mau berpartisipasi membelanjakan uangnya di sektor yang rentan terjadi PHK cmiw. Namun buat yang sekelas gearbalap sihh cukuplah berbelanja di warung tetangga hehehe..

Dengan tetap membelanjakan uang kita, maka perekonomian akan berdenyut lebih cepat. Ketika permintaan (pembelian) naik secara otomatis produsen akan menambah jumlah produksi untuk memenuhi permintaan tersebut. Dan akhirnya lapangan pekerjaan pun tercipta atau setidaknya tidak mengurangi lapangan pekerjaan yang masih ada. So di situasi sulit ini jangan takut belanja dan mari berpegang ke prinsip ” Sek Penting Yakinn…” wkwkk.

Last cara menyelamatkan sektor riil dengan tidak menahan belanja memang sulit dilakukan oleh orang miskin, kikir dan tidak punya jiwa sosial.. Dan menurut gearbalap saat ini perekonomian bangsa ini ada di tangan horang kaya dengan jiwa sosial tinggi cmiw..

Eh btw patuhi stay at home & jaga jarak aman yaa biar pandemi covid19 segera berakhir..

gearbalap

Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi. Tidak ada moderasi, tapi komentarmu perlu waktu 5 menit baru muncul. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

You may also like...

7 Responses

  1. 3835info berkata:

    iya nih, semoga segela pergi dari muka bumi tuh Si CORO, dan kita bisa melakukan kegiatan seperti biasa. sudah meningkat drastis nih berat badan di rumah aja hahaha

  2. MARNU TRI berkata:

    kini saatnya yang kaya bantu yang miskin, ya paling mudah memang dengan belanja di toko-toko kecil,. pensaran juga sama ucuber2 yang sok pamer uang milyaran ama bagi2 hape ratusan juta itu pada kemana ya?

  3. AndikaDiego berkata:

    kayak lagunya Dnasib yang judulnya jangan menyerah

  4. A'A berkata:

    Saatnya berbelanja ketoko toko kecil…..

  5. EYD berkata:

    Betul, untuk masa prihatin begini diperlukan kepedulian dan kesadaran warga yang lebih beruntung kondisinya untuk bisa saling berbagi ke tetangga terdekat

    Di RW bisa bikin gerakan donasi peduli tetangga misalnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: