Cara Merawat Rantai Motor Biar AWET Ala-Ala Gearbalap…!

Cara merawat rantai motor
Jangan sampai rantai motor kering..!
Cara merawat rantai motor
Lumasi rantai : cara merawat rantai motor biar awet..!

Cara merawat rantai motor biar awet gearbalap yakin sudah banyak yang tau. Namun untuk melakukannya..? Gearbalap yakin tidak semua orang merawat rantai motor mereka..! Sebab tingkat kepedulian terhadap motor tiap orang tidaklah sama. Ada yang apik dan adapula yang jorok wkwk.. Padahal merawat rantai motor sangat sederhana dan mudah dilakukan. Hanya butuh KEMAUAN saja kok..!

Nahh berikut adalah tips cara merawat rantai motor agar awet yang di rangkum dari pengalaman gearbalap sebagai biker :

Tips no 1: Rutin melumasi rantai..

Melumasi rantai akan mencegah karat sekaligus mengurangi gesekan yang terjadi di antara mata rantai dengan mata gear. Indikasi rantai kering di tandai dengan suara berisik gemerincing khas logam ketemu logam. Jika sudah seperti itu segera lumasi rantai motormu..! Pakai oli mesin ngga papa coz itu masih lebih baik daripada rantai motormu kering..

Tips no 2: Mengencangkan rantai yang kendur

Mirip dengan rantai kering, rantai motor yang kendur juga menimbulkan suara berisik gemerincing. Jadi selain mengechek apakah rantai motor kering atau tidak, chek juga kekencangan rantai untuk mencari sebab pasti dari suara gemerincing tersebut.

Ilustrasi rantai motor kering
Ilustrasi rantai motor kering

Tips no 3: Membilas rantai setelah kehujanan

Sebenarnya bukan hanya untuk rantai, mencuci motor selepas kehujanan akan mencegah timbulnya karat di bagian motor yang terbuat dari logam. Sebab air hujan cenderung bersifat asam. Dan asam adalah penyebab timbulnya karat di material yang terbuat dari besi. Jadi jangan malas nyuci motor selepas kehujanan yaa jika ingin motormu bebas karat hehe..

Tips no 4: Memakai cairan khusus pembersih rantai

Naaa ini adalah cara terbaik namun termahal dalam merawat rantai motor. Jika ada dana lebih ngga usah ragu untuk memakai cairan pembersih khusus rantai. Karena meski mahal namun sepadan dengan hasil yang di peroleh. Rantai lebih awet sobb.

Jika sobat masih ragu silahkan baca artikel penguat di marih yaa.. https://moladin.com/blog/knalpot-motor/

Dan jika masih ngeyel ngga mau merawat motormu maka siap-siap dehh ngalamin apa yang gearbalap alamin di Aerox 155 berikut.. Leher kenalpot keropos karena lalai merawat nya  Yaa wis mumpung musim hujan chek dulu dehh rantai motormu sekarang.. Siapa tau karatan wkwk..!!

About gearbalap 426 Articles
Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi. Tidak ada moderasi, tapi komentarmu perlu waktu 5 menit baru muncul. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

28 Komentar

  1. yang bikin agak males sih bersihin rantai motor…
    asli paling males kalau pas nyuci motro… apalagi udah lama ga dibersihin… wkwkwk…

  2. Bener, pengalaman pake motor bebek waktu itu klo abis ujan dan lupa kasih pelumas langsung kaku seketika karna karat….alhasil klo di biarin rante dan gear jadi cepet aus dan rusak, jadinya jajan lagi..emang kudu rajin2 dibersihin dan kasih pelumas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*