Cara Merawat Rantai Motor Biar AWET Ala-Ala Gearbalap…!

Cara merawat rantai motor

Lumasi rantai : cara merawat rantai motor biar awet..!

Cara merawat rantai motor biar awet gearbalap yakin sudah banyak yang tau. Namun untuk melakukannya..? Gearbalap yakin tidak semua orang merawat rantai motor mereka..! Sebab tingkat kepedulian terhadap motor tiap orang tidaklah sama. Ada yang apik dan adapula yang jorok wkwk.. Padahal merawat rantai motor sangat sederhana dan mudah dilakukan. Hanya butuh KEMAUAN saja kok..!

Nahh berikut adalah tips cara merawat rantai motor agar awet yang di rangkum dari pengalaman gearbalap sebagai biker :

Tips no 1: Rutin melumasi rantai..

Melumasi rantai akan mencegah karat sekaligus mengurangi gesekan yang terjadi di antara mata rantai dengan mata gear. Indikasi rantai kering di tandai dengan suara berisik gemerincing khas logam ketemu logam. Jika sudah seperti itu segera lumasi rantai motormu..! Pakai oli mesin ngga papa coz itu masih lebih baik daripada rantai motormu kering..

Tips no 2: Mengencangkan rantai yang kendur

Mirip dengan rantai kering, rantai motor yang kendur juga menimbulkan suara berisik gemerincing. Jadi selain mengechek apakah rantai motor kering atau tidak, chek juga kekencangan rantai untuk mencari sebab pasti dari suara gemerincing tersebut.

Ilustrasi rantai motor kering

Ilustrasi rantai motor kering

Tips no 3: Membilas rantai setelah kehujanan

Sebenarnya bukan hanya untuk rantai, mencuci motor selepas kehujanan akan mencegah timbulnya karat di bagian motor yang terbuat dari logam. Sebab air hujan cenderung bersifat asam. Dan asam adalah penyebab timbulnya karat di material yang terbuat dari besi. Jadi jangan malas nyuci motor selepas kehujanan yaa jika ingin motormu bebas karat hehe..

Tips no 4: Memakai cairan khusus pembersih rantai

Naaa ini adalah cara terbaik namun termahal dalam merawat rantai motor. Jika ada dana lebih ngga usah ragu untuk memakai cairan pembersih khusus rantai. Karena meski mahal namun sepadan dengan hasil yang di peroleh. Rantai lebih awet sobb.

Jika sobat masih ragu silahkan baca artikel penguat di marih yaa.. https://moladin.com/blog/knalpot-motor/

Dan jika masih ngeyel ngga mau merawat motormu maka siap-siap dehh ngalamin apa yang gearbalap alamin di Aerox 155 berikut.. Leher kenalpot keropos karena lalai merawat nya  Yaa wis mumpung musim hujan chek dulu dehh rantai motormu sekarang.. Siapa tau karatan wkwk..!!

gearbalap

Maturnuwun sudah baca artikel.. Jangan segan untuk berkomentar dan mari kita berdiskusi.. So selamat menikmati apa yang tersaji di blog ini.. Btw jikaa ada perlu bisa hubungi saya di kanal berikut : 1. HP : 085216057131 (WA) 2. Imel : yhardiyan2@gmail.com

You may also like...

28 Responses

  1. Budi Cahbrogo berkata:

    aku biasanya pake pelumas singer yang biasa untuk melumasi mesin jahit

  2. BMSPEED7.COM berkata:

    Thanks informasinya masbro, berguna banget nih

  3. mas noe berkata:

    udah cocok pake minyak singer hehehe

  4. BapakeVALKYLA berkata:

    Kalau aku biasanya bersihin pakai sabun colek..
    Ntar kalau dah bersih gantian colek² SPG

  5. 3835info berkata:

    Suku cadang ini memang terlupakan, padahal memiliki arti yang sangat penting, rawatlah rantaimu agar jalinan makin erat. Waduh jadi ngelantur

  6. Andikadiego berkata:

    Untung motorku gak make rante, makenya vbelt

  7. Warungasep berkata:

    Nomor 4 saya jarang lakuin, males

  8. Anang berkata:

    Kalau motor bebek /sport memang harus rajin melumasi dan ngencengin rantai. kalau gak mau, ya ganti matic saja 🙂

  9. warungbiker.com berkata:

    Waktu penggantian rantai,. pakai rantai yang sudah dilengkapi O-ring

  10. Anangcozz berkata:

    Mantul…musim hujan harus sering2 bersihin rantai biar gak karat.

  11. Viwimoto.com berkata:

    Kalau saya biasanya dulu pas masih punya motor ber rantai..pake minyak singer

  12. Goozir berkata:

    Motor saya ga da rantainya… Rantai keteng udah dilumasi..

  13. ardiantoyugo berkata:

    yang bikin agak males sih bersihin rantai motor…
    asli paling males kalau pas nyuci motro… apalagi udah lama ga dibersihin… wkwkwk…

  14. Alki berkata:

    Tipsnya cocok banget, kebetulan saya juga punya motor dengan penggerak rantai. Memang harus sering diperhatikan terutama saat musim penghujan tiba..

  15. rudyasmandara berkata:

    Tips no 3: Membilas rantai setelah kehujanan…nah ini yang paling enggan bagi saya…soalnya kalo kehujanan udah cape pengen cepet rebahan…hehehehe

  16. Heru Tebe berkata:

    Bener, pengalaman pake motor bebek waktu itu klo abis ujan dan lupa kasih pelumas langsung kaku seketika karna karat….alhasil klo di biarin rante dan gear jadi cepet aus dan rusak, jadinya jajan lagi..emang kudu rajin2 dibersihin dan kasih pelumas

  17. Iwan Fadila berkata:

    Ada lagi yg bisa dilakukan yaitu pasang tensioner
    Jadi setingan rantainya kendor, tapi dikencangkan oleh tesioner

  18. Elang Jalanan berkata:

    Tanda biker apik atau jorok dengan motornya adalah liat dari rantai dan leher knalpotnya, kalau karat bin menguning artinya isi sendiri…hahaha

  19. A'A berkata:

    siap untuk di noted dan diaplikasikan om…

  20. imotorium berkata:

    Cuci tapi jangan pakai deterjen, malah bisa merusak seal rantai. Cukup disemprot steam saja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: